Saturday, October 8, 2011

WEB PROGRAMMING

WEB merupakan  fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi, dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk memudahkan membaca data dan informasi tersebut anda dapat mempergunakan web browser spt Internet Explorer ,Netscape, Google Chrome, Mozilla firefox, Safari, Opera .

WWW (World Wide Web),merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.
Web Site (Situs Web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. Diumpamakan situs Web ini adalah sebuah buku yang berisi topik tertentu.
Web Pages (Halaman Web), merupakan sebuah halaman khusus dari situs Web tertentu. Diumpamakan halaman Web ini adalah sebuah halaman khusus buku dari situs Web tertentu.
Homepage, merupakan sampul halaman (halaman depan) yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs Web.

Halaman Web Statis dan Dinamis
Bila diperhatikan pada halaman-halaman web yang ada dewasa ini, terdapat banyak sekali pembuat web masih menggunakan cara pembuatan halaman web secara statis, artinya halaman yang ditampilkan adalah tetap, ini dikarenakan bahwa pembuat halaman web tersebut belum mengetahui cara membuat halaman web secara dinamis, atau memang server yang disediakan tidak mampu menangani halaman web dinamis.
Pemrograman web dinamis menggunakan teknik pemrograman Server- Side, dimana program dijalankan pada server sedangkan hasilnya dikirimkan ke user, ini berbeda dengan pemrograman statis dimana menggunakan teknik pemrograman Client-Site yang berarti script program dikirimkan ke user dan
kemudian hasilnya ditampilkan pada browser user, setelah script terkirim.

Pemrograman web statis hanya diperlukan tag-tag HTML dan tidak diperlukan pemrograman, sehingga pada pemrograman statis belum dapatlah dikatakan pemrograman sebenarnya, karena hanya menyusun teks dan <tag> saja, tanpa ada proses aritmatika, penentuan keputusan, perulangan dan sebagainya. Dikarenakan pemrograman web statis adalah dasar dari pemrograman web dinamis, maka akan diberikan beberapa <tag> yang nantinya diperlukan untuk pemrograman web statis dan beberapa <tag> tambahan.
Pemrograman Web Menggunakan PHP

Dalam buku ini menggunakan pemrograman web PHP dengan alasan bahwa PHP selalu dikembangkan (up to date), itu disebabkan karena PHP merupakan open source, sehingga siapa saja dapat mengembangkan, kemudian hasilnya digunakan bersama.
Sekilas Tentang HTML

HTML adalah singkatan dari Hyper T ext Markup Language , merupakan bahasa teks yang menggunakan tanda-tanda (markup ) yang dikenal dengan <tag>, dimana merupakan pengembangan dari SGML (Standard Generalize Markup Language ). Dengan HTML maka dapatlah dibuat suatu halaman web statis
dimana nantinya merupakan dasar dari halaman web dinamis.
Membuat halaman web menggunakan HTML dapat dilakukan dengan editor teks biasa seperti Notepad dan WordPad atau menggunakan editor khusus HTML seperti EditPlus dan FrontPage bahkan editor yang lain seperti MS-Word dan lain-lainnya.

Sekilas Tentang PHP Penjelasan sederhananya adalah bahwa PHP merupakan sebuah program tambahan yang ada dalam software web server anda. PHP bisa anda temukan di web server Apache, Microsoft IIS, dan server-server lainnya (dalam kasus phptriad, web server yang digunakan adalah Apache Web Server).
Cara menggunakan PHP juga sangat mudah. Pada prinsipnya anda hanya perlu menyisipkan kode PHP ke dalam tag-tag HTML yang sudah ada di situs anda.

Cara bekerjanya secara singkat adalah seperti ini. Ketika ada yang mengakses web anda di halaman yang berisi kode PHP (tentunya dengan file berekstensi .php), server anda akan mengeksekusinya dan kemudian mengirimkan hasil eksekusinya ke web server untuk selanjutnya ditampilkan menggunakan kode HTML.
Anda juga perlu tahu bahwa sama seperti HTML, PHP merupakan sebuah bahasa script atau kalau jaman saya dulu sering disebut interpreter. Hal ini berarti kode tidak perlu di-compile sebelum digunakan. Kode yang kita buat hanya akan diproses saat diperlukan

Konsekuensinya enak, anda menulis kode PHP dalam bentuk teks dan menyimpannya dalam bentuk teks juga. Tapi...... script PHP anda jadi memerlukan interpreter yaitu server PHP untuk mengeksekusi kode PHP yang masih dalam bentuk teks, sedangkan pada program hasil compile dalam bentuk executable file tidak memerlukan program lain untuk bisa dieksekusi. Server PHP ini adalah penerjemah kode PHP menjadi bahasa mesin yang dikenal oleh hardware komputer.

Sekilas Tentang MySQL

MySQL merupakan server basis data yang menggunakan teknik relasional untuk menghubungkan antara tabel-tabel dalam basis data. MySQL dikeluarkan secara gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL) seperti halnya PHP, sehingga tepatlah kiranya bila MySQL dijodohkan dengan PHP untuk
merancang halaman web yang gratis namun handal. MySQL juga menyediakan source programnya secara terbuka (open source) sehingga orang lain dapat mengubah atau menambah kemampuan dari MySQL untuk keperluan khusus secara pribadi.

0 comments:

Post a Comment