Wednesday, January 11, 2012

Mengenal MCB (Miniature Circuit Breaker)

Mengenal MCB (Miniature Circuit Breaker)

MCB bekerja dengan cara pemutusan hubungan yang disebabkan oleh aliran listrik lebih dengan menggunakan electromagnet/bimetal. cara kerja dari MCB ini adalah memanfaatkan pemuaian dari bimetal yang panas akibat arus yang mengalir untuk memutuskan arus listrik. Kapasitas MCB menggunakan satuan Ampere (A), Kapasitas MCB mulai dari 1A, 2A, 4A, 6A, 10A, 16A, 20A, 25A, 32A dll.  MCB yang digunakan harus memiliki logo SNI pada MCB tersebut

Lampu Hemat Energy ( LHE )


Lampu Hemat Energy ( LHE )
LHE yang juga dikenal dengan CFL ( Compact Fluorescent Lamp ) merupakan modifikasi dari TL konvensional, dengan mengganti ballast pada lampu dengan sistem elektronik, dan tabungnya dibuat lebih menarik dan praktis.

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012 MATEMATIKA SMK

KISI-KISI  UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

E. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMK

43. MATEMATIKA SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Melakukan operasi bilangan real dan
menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan
operasi bilangan real.
Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat dan
bentuk akar, dan/atau logaritma.
2.
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Menyelesaikan masalah sistem persamaan atau
pertidaksamaan linear dua variabel.
3.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, dan program linear.
Menentukan fungsi linear dan/atau grafiknya.
Menentukan fungsi kuadrat dan/atau grafiknya.
Menentukan model matematika dari masalah
program linear.
Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari
masalah program linear.
Menentukan nilai optimum dari sistem
pertidaksamaan linear.
4.
Menerapkan konsep matriks dan
vektor untuk memecahkan masalah.
Menentukan hasil operasi matriks atau invers suatu
matriks.
Menentukan hasil operasi vektor dan besar sudut
antar vektor pada bidang atau ruang.
5.
Menerapkan prinsip-prinsip logika
matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan.
Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi.
Menarik kesimpulan dari beberapa premis.
6.
Menentukan unsur-unsur bangun
datar, keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volum bangun ruang, unsur-unsur irisan kerucut serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Mengidentifikasi bangun datar, bangun ruang, dan
unsur-unsurnya.
Menghitung keliling dan luas bangun datar atau
menyelesaikan masalah yang terkait.
Menghitung luas bangun permukaan bangun ruang
atau menyelesaikan masalah yang terkait.
Menghitung volum bangun ruang atau menyelesaikan
masalah yang terkait.
7.
Menerapkan konsep perbandingan
trigonometri dalam pemecahan masalah.
Menentukan unsur-unsur segitiga dengan
menggunakan perbandingan trigonometri.
Mengkonversi koordinat kutub ke koordinat kartesius
atau sebaliknya.
8.
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan barisan dan deret.
Mengidentifikasi pola, barisan, atau deret bilangan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
barisan atau deret aritmetika.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
barisan dan deret geometri.
9.
Menerapkan konsep peluang dalam
pemecahan masalah.
Menentukan permutasi atau kombinasi.
Menghitung peluang suatu kejadian atau frekuensi
harapannya.



NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
10.
Menerapkan konsep dan pengukuran
statistik dalam pemecahan masalah.
Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk
tabel atau diagram.
Menghitung ukuran pemusatan data.
Menghitung ukuran penyebaran data.
11.
Menggunakan konsep limit fungsi dan
turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
Menentukan limit fungsi aljabar atau fungsi geometri.
Menentukan turunan fungsi aljabar atau fungsi
geometri.
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan
konsep turunan.
12.
Menggunakan konsep integral dalam
pemecahanan masalah.
Menentukan integral tak tentu atau integral tentu dari
fungsi aljabar atau trigonometri.
Menentukan luas daerah di antara dua kurva.
Menentukan volum benda putar.
13
Menerapkan konsep irisan kerucut
dalam memecahkan masalah.
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan lingkaran atau parabola.

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012 MATEMATIKA SMK




E. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMK

43. MATEMATIKA SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN)

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Melakukan operasi bilangan real dan
menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan
operasi bilangan real.
Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat dan
bentuk akar, dan/atau logaritma.
2.
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Menyelesaikan masalah sistem persamaan atau
pertidaksamaan linear dua variabel.
3.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, dan program linear.
Menentukan fungsi linear dan/atau grafiknya.
Menentukan fungsi kuadrat dan/atau grafiknya.
Menentukan model matematika dari masalah
program linear.
Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari
masalah program linear.
Menentukan nilai optimum dari sistem
pertidaksamaan linear.
4.
Menerapkan konsep matriks dan
vektor untuk memecahkan masalah.
Menentukan hasil operasi matriks atau invers suatu
matriks.
Menentukan hasil operasi vektor dan besar sudut
antar vektor pada bidang atau ruang.
5.
Menerapkan prinsip-prinsip logika
matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan.
Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi.
Menarik kesimpulan dari beberapa premis.
6.
Menentukan unsur-unsur bangun
datar, keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volum bangun ruang, unsur-unsur irisan kerucut serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Mengidentifikasi bangun datar, bangun ruang, dan
unsur-unsurnya.
Menghitung keliling dan luas bangun datar atau
menyelesaikan masalah yang terkait.
Menghitung luas bangun permukaan bangun ruang
atau menyelesaikan masalah yang terkait.
Menghitung volum bangun ruang atau menyelesaikan
masalah yang terkait.
7.
Menerapkan konsep perbandingan
trigonometri dalam pemecahan masalah.
Menentukan unsur-unsur segitiga dengan
menggunakan perbandingan trigonometri.
Mengkonversi koordinat kutub ke koordinat kartesius
atau sebaliknya.
8.
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan barisan dan deret.
Mengidentifikasi pola, barisan, atau deret bilangan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
barisan atau deret aritmetika.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
barisan dan deret geometri.
9.
Menerapkan konsep peluang dalam
pemecahan masalah.
Menentukan permutasi atau kombinasi.
Menghitung peluang suatu kejadian atau frekuensi
harapannya.



NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
10.
Menerapkan konsep dan pengukuran
statistik dalam pemecahan masalah.
Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk
tabel atau diagram.
Menghitung ukuran pemusatan data.
Menghitung ukuran penyebaran data.
11.
Menggunakan konsep limit fungsi dan
turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
Menentukan limit fungsi aljabar atau fungsi geometri.
Menentukan turunan fungsi aljabar atau fungsi
geometri.
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan
konsep turunan.
12.
Menggunakan konsep integral dalam
pemecahanan masalah.
Menentukan integral tak tentu atau integral tentu dari
fungsi aljabar atau trigonometri.
Menentukan luas daerah di antara dua kurva.
Menentukan volum benda putar.
13
Menerapkan konsep irisan kerucut
dalam memecahkan masalah.
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan lingkaran atau parabola.