KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
E. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMK
43. MATEMATIKA SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan operasi bilangan real dan
menerapkannya
dalam bidang kejuruan.
|
Menyelesaikan masalah
dengan menggunakan
operasi bilangan real.
|
Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat dan
bentuk akar, dan/atau logaritma.
|
||
2.
|
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear
dua variabel serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
|
Menyelesaikan masalah
sistem persamaan atau
pertidaksamaan linear
dua variabel.
|
3.
|
Menyelesaikan masalah
yang
berkaitan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat,
dan program linear.
|
Menentukan fungsi linear dan/atau grafiknya.
|
Menentukan fungsi kuadrat dan/atau grafiknya.
|
||
Menentukan model
matematika dari masalah
program linear.
|
||
Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari
masalah
program linear.
|
||
Menentukan nilai optimum dari sistem
pertidaksamaan linear.
|
||
4.
|
Menerapkan konsep matriks
dan
vektor untuk
memecahkan masalah.
|
Menentukan hasil operasi matriks atau invers suatu
matriks.
|
Menentukan hasil operasi vektor dan besar sudut
antar vektor pada bidang atau ruang.
|
||
5.
|
Menerapkan prinsip-prinsip logika
matematika dalam pemecahan
masalah yang berkaitan dengan
pernyataan majemuk
dan pernyataan berkuantor.
|
Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan.
|
Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi.
|
||
Menarik kesimpulan
dari beberapa premis.
|
||
6.
|
Menentukan unsur-unsur bangun
datar, keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volum bangun ruang,
unsur-unsur irisan kerucut serta dapat menerapkannya
dalam bidang kejuruan.
|
Mengidentifikasi bangun datar, bangun ruang, dan
unsur-unsurnya.
|
Menghitung keliling dan luas bangun datar atau
menyelesaikan
masalah yang terkait.
|
||
Menghitung luas bangun permukaan bangun ruang
atau menyelesaikan
masalah yang terkait.
|
||
Menghitung volum
bangun ruang atau menyelesaikan
masalah
yang terkait.
|
||
7.
|
Menerapkan konsep perbandingan
trigonometri dalam pemecahan
masalah.
|
Menentukan unsur-unsur segitiga dengan
menggunakan perbandingan trigonometri.
|
Mengkonversi koordinat kutub ke koordinat kartesius
atau sebaliknya.
|
||
8.
|
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan barisan dan deret.
|
Mengidentifikasi
pola, barisan, atau deret
bilangan.
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
barisan atau
deret aritmetika.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan
barisan dan deret geometri.
|
||
9.
|
Menerapkan konsep peluang dalam
pemecahan masalah.
|
Menentukan permutasi atau kombinasi.
|
Menghitung peluang suatu kejadian
atau frekuensi
harapannya.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
10.
|
Menerapkan konsep dan pengukuran
statistik dalam pemecahan masalah.
|
Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk
tabel atau diagram.
|
Menghitung ukuran pemusatan data.
|
||
Menghitung ukuran penyebaran data.
|
||
11.
|
Menggunakan konsep limit fungsi dan
turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan limit
fungsi aljabar atau fungsi geometri.
|
Menentukan turunan fungsi aljabar atau fungsi
geometri.
|
||
Menyelesaikan masalah
dengan menggunakan
konsep turunan.
|
||
12.
|
Menggunakan konsep integral dalam
pemecahanan masalah.
|
Menentukan integral tak tentu atau integral tentu dari
fungsi aljabar atau trigonometri.
|
Menentukan luas daerah di antara dua kurva.
|
||
Menentukan volum
benda putar.
|
||
13
|
Menerapkan konsep irisan kerucut
dalam memecahkan masalah.
|
Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang
berkaitan dengan lingkaran atau parabola.
|
0 comments:
Post a Comment