Friday, March 30, 2012

Atasi DeepFreeze Dengan UnDeepFreeze ver.7

Banyak orang percaya bahwa salah satu pengamanan komputer terhadap virus dan gangguan lain adalah dengan memasang aplikasi Deep Freeze. Aplikasi ini akan membekukan rangkaian kegiatan yang dilakukan sampai komputer dimatikan. Deep Freeze juga akan membekukan disk/ media penyimpanan hardisk sesuai dengan partisi yang dipilih ketika melakukan pemasangan (install). Dengan adanya aplikasi ini kita tidak perlu khawatir ketika terjadi kesalahan melakukan kegiatan di komputer, maka kesalahan/ error tersebut akan kembali seperti semua seperti sebelum adanya kesalahan. Termasuk ketika komputer terinveksi virus, maka virus itu tidak bisa menjalar ke dalam sistem. Minimal hal ini bisa menghambat kinerja virus dalam menginveksi.

Namun, ketika kita menginginkan Deep Freeze ini diupdate atau bermaksud menghilangkannya, maka kita akan dibuat sedikit repot. Karena aplikasi ini tidak terdapat dalam daftar software (aplikasi) di Control Panel. Sering kali karena tidak adanya Deep Freeze dalam daftar aplikasi di Control Panel, malah membuat kita menginstall ulang Windows. Hmm... hal ini malah semakin repot, sekaligus semakin lama pula proses pembenahannya. Bak kita memulai proses mulai dari awal. Maka kita memang memerlukan solusi yang tepat guna menguninstall Deep Freeze ini. Nah, bagaimana cara menghilangkan atau mengupdatenya? Berikut tipsnya.

Untuk menghilangkan (uninstall) Deep Freeze, buka Deep Freeze dalam keadaan Boot Thawed. Jika kita ingin menghilangkan Deep Freeze karena lupa passwordnya, gunakanlah aplikasi Undeep Freeze. Undeep Freeze digunakan sebagai alat untuk membuka Deep Freeze tanpa harus tahu password yang sebenarnya. Unduh aplikasinya disini. Jika digunakan ternyata tidak kompatibel, silahkan pembaca cari lebih lengkap di internet.

Perangkat yang harus kita persiapkan untuk menguninstall Deep Freeze adalah setup program Deep Freeze itu sendiri. Deep Freeze akan berhasil diuninstall jika menggunakan Deep Freeze yang sama.

Sebagaimana kebaikan dibalas dengan kebaikan pula. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

هَلْ جَزَاءُ الإحْسَانِ إِلا الإحْسَانُ

“Tidak ada Balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (QS. Ar Rahman: 60)

File setup ini disarankan sama dengan versi Deep Freeze yang telah terinstall sebelumnya. Silahkan unduh disini untuk Windows XP atau klik disini untuk Windows 7.

Restart komputer untuk menerapkan Deep Freeze dalam keadaan terbuka (Boot Thawed). Setelah restart, klik 2x setup program Deep Freeze sebagaimana sama seperti cara install. Jika berhasil muncul, dialog sebagai berikut :


Klik Uninstall. Kemudian komputer akan restart.

Uninstall Deep Freeze tidak akan berhasil jika Deep Freeze rusak akibat upgrading Windows. Atau dual booting dengan sistem operasi lain (misalnya Linux) tanpa terlebih dahulu membukanya.

Tips ini tidak akan berhasil jika Deep Freeze tidak dalam keadaan terbuka (Boot Thawed). Begitu pula dengan hati, hati tidak bisa menerima kebaikan jika hati dalam keadaan tertutup. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

وَمِنْهُمْ مَنْ يَسْتَمِعُ إِلَيْكَ وَجَعَلْنَا عَلَى قُلُوبِهِمْ أَكِنَّةً أَنْ يَفْقَهُوهُ وَفِي آذَانِهِمْ وَقْرًا وَإِنْ يَرَوْا كُلَّ آيَةٍ لا يُؤْمِنُوا بِهَا حَتَّى إِذَا جَاءُوكَ يُجَادِلُونَكَ يَقُولُ الَّذِينَ كَفَرُوا إِنْ هَذَا إِلا أَسَاطِيرُ الأوَّلِينَ

“Dan di antara mereka ada orang yang mendengarkan (bacaan) mu, Padahal Kami telah meletakkan tutupan di atas hati mereka (sehingga mereka tidak) memahaminya dan (kami letakkan) sumbatan di telinganya. dan jikapun mereka melihat segala tanda (kebenaran), mereka tetap tidak mau beriman kepadanya. sehingga apabila mereka datang kepadamu untuk membantahmu, orang-orang kafir itu berkata: "Al-Quran ini tidak lain hanyalah dongengan orang-orang dahulu." (QS. Al An’am: 25)

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman :

وَقَالُوا قُلُوبُنَا غُلْفٌ بَلْ لَعَنَهُمُ اللَّهُ بِكُفْرِهِمْ فَقَلِيلا مَا يُؤْمِنُونَ

“Dan mereka berkata: "Hati Kami tertutup". tetapi sebenarnya Allah telah mengutuk mereka karena keingkaran mereka; Maka sedikit sekali mereka yang beriman.” (QS. Al Baqarah: 88)

كَذَلِكَ يَطْبَعُ اللَّهُ عَلَى قُلُوبِ الَّذِينَ لا يَعْلَمُونَ

“Demikianlah Allah mengunci mati hati orang-orang yang tidak (mau) memahami.” (QS. Ar Ruum: 59)

Dan sesungguhnya Allah lah yang membolak balikkan hati. Maka kita berdoa kepada Nya semoga kita termasuk orang yang diberi hidayah. Amin.

Demikian. Semoga bermanfaat.


Sumber : Berbagai Sumber

0 comments:

Post a Comment