Friday, March 30, 2012

VMware ThinApp - Tutorial Membuat Software Versi Portable


SalehonxTewahteweh.web.id - VMWare ThinApp Enterprise 4.7.0 Full Version

VMWare ThinApp 4.7.0 Full Version adalah software yang berfungsi untuk mengubah file installer menjadi portable seperti software portable yang biasa anda gunakan. Jadi dengan anda bisa membawa software portable tersebut kemana-mana tanpa harus menginstallnya lagi. Untuk membuat aplikasi portable menggunakan VMware ThinApp dibutuhkan sistem operasi windows yang masih perawan dalam artian belum dipasang aplikasi tambahan apapun, untuk tutorialnya sudah saya sertakan di bawah.

Software portable adalah aplikasi yang bisa dijalankan/ dieksekusi dimana saja tanpa perlu diinstall terlebih dahulu. Software portable sangat bermanfaat bagi Anda yang mempunyai kepentingan dimanapun dan membutuhkan software tanpa perlu repot-repot memasangnya (install). Software portable juga bisa dibawa kemana-mana dalam flash disk, sehingga kita bisa menggunakannya dimana saja dan kapan saja kita butuhkan.



Ada beberapa cara untuk membuat doftware portabel. Dari cara yang harus mengoprek-oprek registry, melakukan syarat dan ketentuan tertentu, sampai cara yang tinggal klik ini dan klik itu. Tergantung kita mau pilih yang mana. Hasilnya tentu saja tetap sama.



Untuk membuat software portable dengan cara melakukan kiat-kiat dan cara-cara yang agak rumit seperti harus mengoprek-oprek registry, silahkan pembaca bisa cari di situs pencarian. Sedangkan jika mengininkan membuat software portable dengan cara klik ini dan itu atau dengan cara instan, mungkin cara ini yang paling mudah. Yaitu menggunakan software bantuan, yakni VMWare ThinApp.



Sebetulnya sangat mudah sekali dalam pembuatan software portable, yaitu kita tinggal menggabungkan aplikasi eksekusi utama dengan file-file pendukung menjadi satu, termasuk di dalamnya registry.



Sebelumnya, untuk membuat software portable menggunakan software ini , pembaca harus unduh aplikasinya terlebih dahulu disini.



Setelah didapatkan, jalankan program tersebut. Program tersebut juga bersifat portable sehingga kita tidak perlu menginstallnya. Hal ini juga bermanfaat ketika kita ingin membuat software portable di komputer lain, baik di warnet, dan lain-lain.



Caranya sebagai berikut :



[1] Jalankan program Setup Capture. Akan muncul tampilan sebagai berikut.







[2] Klik Next untuk melanjutkan instalasi.







[3] Klik Prescan untuk melakukan scan registry untuk mengcapture registry.













[4] Install aplikasi/ software yang akan dijadikan software portable.



[5] Klik Prescan untuk mengcapture perubahan registry setelah terjadi instalasi software baru.







[6] Pilih file yang akan dijadikan file eksekusi dengan memberi tanda check. Klik Next untuk melanjutkan.







[7] Klik Next terus. Akan muncul tampilan dimana kita akan meletakkan file hasil aplikasi portable.







[8] Pilih file eksekusi utama yang akan dijadikan program utama.







[9] Klik Save untuk menyimpan.







[10] Klik Build untuk membangun software menjadi portable.







[11] Klik Finish untuk mengakhiri.









Untuk melihat software portable yang telah dibuat lihat folder Bin yang terdapat dalam folder project yang telah kita buat.



Berikut Link Downloadnya:

The Setup Capture in VMware ThinApp
VMware ThinApp ( http://www.vmware.com/products/thinapp/ ) (formerly: Thinstall) is a product by VMware that can help make portable apps.

Download

Download VMware ThinApp Enterprise 4.6.0.287958 (keygen included):

0 comments:

Post a Comment