Tuesday, April 10, 2012

5 Hal yang perlu diperhatikan untuk design web

Design web merupakan hal terpenting dalam sebuah website, karena web design merupakan interface langsung antara web dengan pengunjung. dan pengunjung mengakses sebuah website untuk mencari artikel / konten yang mereka butuhkan. Berikut 5 hal yang perlu diperhatikan dalam web design...

1. Halaman Intro
halaman intro merupakan halaman pembukaan sebelum masuk ke website utamanya, biasanya berisi welcome atau selamat datang atau bahkan pilihan bahasa yang dinginkan. kadangkala ini membuat pengunjung menjadi malas mengunjungi web kita, jadi hindarilah penggunaan halaman intro pada website anda.

2. Iklan
Pengunjung juga tidak suka dengan web yang terlalu banyak iklan, pop up, karena membuat akses ke web tersebut menjadi lama dalam proses loadingnya, apalagi tidak semua orang menggunakan koneksi internet yang aksesnya cepat, karena masih ada yang menggunakan dial up :D jadi hindari pemasangan iklan yang terlalu banyak pada web anda.

3. Menu Navigasi
Buatlah semudah mungkin dalam menyuguhkan menu-menu navigasi ke beberapa halaman web anda, kasian kan kalo pengunjung jadi bingung ketika mengunjungi website anda yang terlalu banyak menu drop down apalagi dari terbuat dari flash, jadi buatlah tampilan menu yang simple dan mudah digunakan.

4. Pengunjung
Lacak pengunjung website anda menggunakan beberapa tools gratis seperti feedjit / sitemeter / hitstats, bagian mana saja yang sering dikunjungi, nah anda bisa meningkatkan pada bagian ini, dengan cara menambah artikel-artikel yang lebih menarik, agar pengunjung bersedia untuk kembali mengunjungi web anda.

5. Tampilan
Gunakan tampilan design yang simple, simple bukan berarti kurang menarik, maksudnya simple di sini jenis fonts yang digunakan, sesuai dengan warna template webnya, agar enak dan mudah dibaca. tampilan simple juga menjadikan web anda ringan untuk di load, jadi pengunjung tidak terlalu lama meunggu web anda terbuka.

sekian dulu... terima kasih anda telah membaca artikel saya :P

sumber : http://jogjaportale.com/showthread.php?tid=66

0 comments:

Post a Comment